Pentingnya Pengisian dan Sinkronisasi Dapodik PAUD-DIKMAS




Hallo Sahabat Garpu, pada artikel ini kita sampaikan perihal tentang Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas (Dapopaud-dikmas), serta tanggung jawab, manfaat dan tujuan dengan hasil yang kita kirim melalui dapodik paud Dikmas. Kali ini kita akan membahasa tentang Apa itu Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas, serta tanggung jawab dengan hasil yang kita kirim melalui dapodik paud Dikmas.

Aplikasi Paud Dikmas adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini, Non Informal dan Informal – Pendidikan Masyarakat (. PAUD-DIKMAS) yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas lembaga pemerintahan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketersediaan data yang valid dan berkualitas merupakan kebutuhan dasar bagi setiap instansi pemerintah termasuk Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas. Oleh karena itu seluruh pengelola Satuan  pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) wajib meng-input data lembaga dan memperbaharuinya minimal setiap 6 bulan supaya identitas lembaganya tetap tercantum di laman :


yang dikelola Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dan pengelola Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dapo PAUD dan Dikmas). Sinkronisasi data kelembagaan PAUD sangat penting, di antaranya sebagai referensi yang valid untuk menetapkan kebijakan akreditasi PAUD oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF), basis data untuk menghitung kuota bantuan pemerintah, diantaranya Bantuan Operasional PUD (BOP-PAUD), sehingga satuan pendidikan mempunyai tugas melakukan pengisian dan pengiriman data melalui Dapodik, dan melakukan pemutakhiran data secara berkala sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

Tujuan pendataan melalui aplikasi tersebut diantaranya adalah untuk mewujudkan basis data tunggal sehingga dapat tercipta tata kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk memenuhi kebutuhan Kementerian dan pemangku kepentingan lainnya.

Untuk mempermudah akses pada aplikasi Data Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, berikut kami sampaikan laman untuk mengaplikasikan :


Semog bermanfaat bagi sahabat Garpu.

No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.