Model Pembelajaran Luar Kelas

Sobat Garpu…
Bagi beberapa orang yang belum memahami tentang pembelajaran luar kelas (field trip/outdor learning) beranggapan bahwa “sekolah kok belajar di pasar, sawah, kantor-kantor pemerintah, dll”. Namun, bagi yang memahami memberikan apresiasi positif jenis pembelajaran tersebut.
Sobat Garpu…
Belajar Luar Kelas Penelitian Tanaman Bunga
Pembelajaran luar kelas (field trip/outdor learning) merupakan jenis model pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi peserta didik, dengan pembelajaran tersebut peserta didik mengalami penyegaran (refreshing), pengamatan fenomena sosial dan mendiskusikannya bersama. Lebih efektif lagi. Dengan pembelajaran seperti ini, peserta didik menjadi sadar bahwa ilmu yang selama ini mereka masih memiliki masih sangat sedikit. Di luar sana ada jutaan pengetahuan yang belum dipelajari. Hal ini semakin menantang mereka untuk belajar lebih serius, semangat, dan menumbuhkan rasa keingintahuan yang tinggi. Dengan belajar di luar kelas ini, peserta didik bisa menyatu dengan lingkungan  dan budaya yang berkembang, tidak teralinasi, sehingga mereka mudah beradaptasi dan melakukan transformasi kultural secara terhadap dan fungsional dalam kehidupan bermasyarakat di kemudian hari.
Berikut ini hal-hal penting untuk dipahami terkait Pembelajaran luar kelas (field trip/outdor learning)

A.    Manfaat Pembelajaran Luar Kelas
  1. Peserta didik akan dapat beradaptasi dengan lingkungan, alam sekitar, serta dengan kehidupan masyarakat.
  2. Peserta didik dapat mengetahui pentingnya keterampilan hidup dan pengalaman hidup di lingkungan dan alam sekitar.
  3. Peserta didik dapat memiliki apresiasi terhadap lingkungan sekitar.
 B.    Tujuan Pembelajaran Luar Kelas
  1. Mengembangkan bakat dan kreativitas mereka seluas-luasnya di alam terbuka.
  2. Memberikan konteks dalam proses pengenalan berkehidupan sosial dalam kenyataan di lapangan
  3. Menunjang keterampilan dan keterkaitan  peserta didik
  4. Menciptakan kesadaran dan pemahaman peserta didik cara menghargai alam dan lingkungan
  5. Mengenalkan berbagai kegiatan di luar kelas yang dapat membuat pembelajaran lebih kreatif
  6. Memanfaatkan sumber-sumber yang berasal dari lingkungan dan komunitas sekitar untuk pendidikan.
C.    Konsep Kegitan Belajar Mengajar di luar kelas
Kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas tidak dilakukan secara sembarangan. Pengajaran harus tetap memiliki konsep kegiatan yang jelas, sehingga dapat menjadi acuan utama bagi seorang guru yang mengajar anak di luar kelas. Setidaknya memuat enam konsep utama yaitu :
1)           Konsep proses belajar
Makna dari konssep proses belajar adalah bahwa kegiata KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas didasarkan pada proses belajar interdisiliner melalui satu seri aktivitas yang dirancang untuk dilakukan di luar kelas.
2)         Konsep aktivitas luar kelas
Konsep ini memberikan banyak kesempatan bagi anak untuk memperoleh dan menguasai beragam bentuk keterampilan dasar, sikap, serta apresiasi terhadap berbagai hal yang ada di alam dan kehidupan sosial, seperti berkemah dan outbond.
3)         Konsep lingkungan
Konsep lingkungan merujuk pada eksplorasi ekologi sebagai andalan makhluk hidup yang saling bergantung antara satu dengan yang lainnya. Dari konsep inilah, anak dapat memahami arti penting lingkungan hidup.
4)        Konsep penelitian
Konsep inilah yang sangat membedakan antara belajar didalam kelas dan belajar di luar kelas. Penekanan dalam konsep ini adalah agar seorang guru dapat memunculkan nalar penelitian (reseach) dalam kegiatan belajarnya di luar kelas.
5)        Konsep eksperimentasi
Melalui eksperimen, anak dapat menemukan indikasi konkrit bahwa segala yang mereka dapat di luar sekolah sesuai dengan yang mereka pahami di dalam buku.
6)        Konsep kekeluargaan
Kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas harus dilaksanakan secara kekeluargaan. Hubungan anak dan guru mesti berjalan secara kekeluargaan, tidak seperti waktu di dalam kelas yang cenderung lebih baku.
D. Perbandingan antara kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas dan di dalam kelas
  1. Mendorong motivasi belajar
·      KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas  dapat mendorong motivasi belajar kepada peserta didik
·     Belajar mengajar di dalam kelas lebih kaku sehingga motivasi peserta didik dalam belajar kurang
2.       Susana belajar yang menyenangkan
·    KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas memudahkan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik
·   KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelass lebih sulit bagi guru untuk menciptakan suasana yang menyenangkan karena terbatasnya prasarana di dalam kelas.
3.       Mengasah aktifitas fisik dan kreatif
·    KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas dapat melibatkan semua pancaindera  dalam pembelajaran.
·    KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelas terbatas hanya pada menerima secara kognitif saja.
4.       Penggunaan Media Pembelajaran yang Konkret
·   KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas banyak media yang dapat digunakan, misalnya: binatang, tumbuhan, tempat ibadah, halaman sekolah, toko, mainan di luar.
·    KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelas sedikit media yang dapat memberikan pengaruh terhadap pengembangan kecerdasan peserta didik.
5.        Mendekatkan Hubungan Emosional antara Guru dan Peserta didik
·     KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas dilakukan secara kultural, meskipun tetap formal, menghilangkan egoisme guru terhadap peserta didik.
·    KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelas lebih menonjolkan perbadaan antara guru dan peserta didik, guru lebih aktif sedangkan peserta didik cenderung lebih pasif.
6.       Mengarahkan sikap kea rah lingkungan yang lebih baik
·      KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas memberikan peluang kepada peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan cinta lingkungan dan mengarahkan sikap kearah lingkungan yang lebih baik.
·  KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelas sedikit peluang untuk langsung mengarahkan peserta didik mencintai lingkungan, kecuali sekedar penjelasan teoritis.
7.        Meaningful Learning
·     KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar kelas lebih meningkatkan aktivitas anak dengan memungkinkannya menggunakan beragam cara, seperti mengamati, bereksperimen.
·     KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelas interaksi keduanya berjalan lebih kaku, tidak berjalan secara kultural sebagaimana di luar kelas.

GALERI PEMBELAJARAN LUAR KELAS KB. GARUDA PURI PANUNGGALAN

No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.